fa Resep kopi durian dari blog sahabat ~ KOPI RASA BUAH | KOPI UNIK

Selasa, 17 Mei 2011

Resep kopi durian dari blog sahabat

Pernah denger kopi rasa duren or kopi duren?? Ini bukan sekedar khayalan, apalagi buatan semata untuk meningkatkan pamor kopi dan duren, tapi kenyataan!! Trus jangan berpikiran kopi rasa duren adalah kopi yang diberi esense (penguat rasa) duren sintetik (wahh … ini sih keterlaluan cara pikirnya, heheh….). Semula aku juga gak percaya kalo ada kopi duren alias kopi rasa duren sungguhan, ternyata di beberapa daerah di Sumatera bagian Selatan, hal ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun. Maklumlah, karena sebagian besar daerah Sumatera bagian Selatan juga penghasil durian. Mungkin dulunya karena bingung ketika panen raya duren dan kopi tiba secara bersamaan mau buat variasi apa? Lalu iseng-iseng dicampur saja keduanya, jadi lah kopi duren…hahahha….. Udah ah langsung aj kalo kamu tertarik nih bahan dan cara pembuatannya:

2 sendok makan kopi, bisa arabika atau robusta
Gula pasir
1 buah durian masak, disarankan durian mentega (berwarna kuning tembaga)
Air putih + 400 cc
Peralatan masak selengkapnya : panci, kompor, saringan, dan jangan lupa gelas xixixi….
Cara membuatnya: masukkan 2 sendok makan kopi beserta air kedalam panci lalu didihkan. Setelah mendidih masukkan durian yang telah dipisahkan dari bijinya, lalu rebus kembali sampai 5 menit.
Angkat lalu saring ke dalam gelas, masukkan gula pasir secukupnya
Dosis bahan-bahan tersebut di atas dapat bervariasi sesuai selera dan kebutuhan Anda.
Mudah bukan?
Perhatian: HATI-HATI!!! buat yang punya masalah dengan tekanan darah tinggi, durian dapat meningkatkan tekanan darah dan kandungan kimia kopi memacu otot peristaltik jantung. Selain itu durian juga tidak baik untuk penderita asam urat dan kolesterol kronis.

Akan tetapi jika ngotot pengen minum kopi durian bisa coba yang instant dijamin tidak berbahaya karena kandungan alkohol pada durian dan cafeine pada kopinya sudah berkurang banyak.

Selamat mencoba…..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More